Belajar Dari Dia

Gambar

Di tahun yang kedua ini adalah masa ke-aku-annya sedang timbul. Setiap yang ada didepannya adalah miliknya, jika ada orang lain yang mengambilnya dia pasti protes. “Ini punyaku!”, katanya sambil mengambil benda yang hendak diambil orang lain. Begitu terus hingga banyak yang melihat dan mengatakan bahwa dia anak yang pelit. Sedih rasanya mendengar kata-kata itu dari orang lain.

Setiap malam saat menemani berangkat tidurnya, selalu saja aku membisikkan padanya untuk mau berbagi kepada orang lain. “Mbak, Allah sayang dengan anak yang suka berbagi. Anak yang suka berbagi juga akan banyak teman”, selalu itu yang selalu aku bisikkan padanya. Dia selalu diam, namun malam kemarin seperti biasa saat kubisikkan kata-kata yang sama tersebut tiba-tiba dia mengatakan, “Ummi sayang ga sama Eliya?”. Senyum, anggukan dan ciuman di keningnya aku daratkan sebagai jawaban tanpa dengan lisan. “Mi, ada Ummi aku sudah senang” kata dia lagi. Sejenak aku mencoba mencerna apa yang dia katakana barusan. Hm.. ketika anak sudah merasakan cukup dan nyaman dengan posisi Ibunya berarti dia sudah bisa berdiri dengan percaya diri.

Banyak yang mengatakan masa tahun ke 2-3 adalah masa menunjukkan ke-aku-annya. Menunjukkan bahwa dia ada sehingga orang dewasa bisa menerima keterlibatannya. Akan hilang dengan sendirinya seiring usianya yang bertambah. Ini karena dia sudah bisa menggunakan logikanya.

Nah, yang saya tanyakan pada diri saya, “Bagaimana diri kita yang telah merasa dewasa masih juga ingin menunjukkan rasa ke-aku-annya pada orang lain?”…

:: saat melihat beberapa orang masih egois dan enggan menunjukkan rasa empati pada orang lain, “Itu urusanmu BUKAN urusanku” ::

Tentang triananurhandayani

motherhood
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Belajar Dari Dia

  1. yisha berkata:

    hikssssssss……………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s